Sabtu, 16 Maret 2013

BAYI 2 BULAN

PERKEMBANGAN BAYI 2 BULAN


Sejak masih dalam kandungan, janin sebenarnya sudah mampu mendengar suara. Kemampuan ini pun berkembang setelah bayi lahir. Apa saja kemampuan mendengar bayi di dua bulan pertamanya?

Kemampuan mendengar janin sama dengan kemampuan mendengar orang dewasa. Jadi berbicara penuh kasih dengan janin ternyata membawa pengaruh positif buat bayi setelah lahir.

Pada usia 3 minggu setelah kelahiran bayi mampu tersenyum ketika mendengar suara ayah dan ibunya. Apalagi jika sejak dalam kandungan ia sudah sering mendengar suara ibu dan ayahnya. Bayi akan memberikan reaksi seperti ‘mendengar’ misalnya melakukan kontak mata atau tendangan kaki.


Pada bayi usia 6-8 minggu, bayi akan mulai tertarik pada suara gemerincing dari mainannya. Termasuk ketika sedang bermain ciluk-baa, bayi akan senang sekali mendengar suara ayah ibunya.




Namun, sedapat mungkin hindari suara musik yang terlalu keras atau suasana lingkungan yang terlalu bising yang akan membuat bayi kita terkaget-kaget. Apabila bayi kaget, tenangkanlah dia dengan menggendong sambil mengelus-elus punggungnya. Tapi sebaliknya, orang tua juga harus waspada bila mendapati bayinya terlalu kalem dan tidak terpengaruh oleh lingkungan sekitarnya. Siapa tahu pendengarannya ternyata terganggu. 


Hindari bertengkar di dekat bayi Anda. Jangan mengira bayi tidak dapat mendengar dan memahami pertengkaran Anda dan pasangan. Suara orang yang bertengkar akan mempengaruhi alam bawah sadar bayi. Suara-suara pertengkaran orang tua akan menimbulkan trauma psikologis pada bayi.

Alam sendiri pun tak akan pernah berhenti mengeluarkan bunyi yang akan membantu bayi memahami lingkungannya. Pergi ke taman dengan bayi sambil mendengarkan kicauan burung sangat menenangkan buat bayi.

Buatlah lingkungan yang tenang dan penuh kasih dengan suara-suara musik yang lembut seperti musik klasik. Musik akan membantu menenangkan bayi, misalnya saat mau tidur.



Bayi merupakan hal yang sangat didambakan seorang pasangan suami istri karena dengan kehadiran bayi, lengkaplah sudah keluarga tersebut. Pada perkembangan bayi 2 bulan, bayi sudah dapat mengidentifikasi bunyi – bunyi yang sering mereka dengarkan dan karena itulah, bayi mulai menjadi pemerhati yang bagus khususnya mengenai suara. Diantara sekian banyaknya orang, ibu adalah yang paling dekat dengan bayi meski ada ayah mereka karena ibu adalah orang yang paling mengerti mereka dengan menghabiskan waktu bersama – sama sekian lamanya.
Tidak semua bayi dapat dengan mudah akrab dengan orang lain dan hal ini dibuktikan dengan kondisi mereka sewaktu dipelukan atau dibuaian orang lain, kecuali dengan ibunya dan alhasil, bayi pun akan menangis jika dipeluk oleh orang lain, karena sensasi yang bayi dapatkan berbeda dari apa yang diberikan ibu mereka. Bayi mengalami pertumbuhan dari waktu kewaktu dan sewaktu usia mereka mencapai perkembangan bayi 2 bulan, perkembangan sudah mulai tampak seperti pergerakan kepala lebih bervariatif, pergerakan tubuh lebih kuat dan dapat bertahan lama. Meski bayi sudah mampu untuk menggerakan tubuh mereka, sang ibu juga masih perlu untuk memberikan perlindungan dengan memberikan topangan pada tubuh bayi.
Selain pergerakan tersebut, bayi juga mampu melakukan variasi gerakan yang lainnya seperti senang mempermainkan tubuh mereka yang mencangkup mulut dan jari. Pada perkembangan bayi 2 bulan, para bayi cenderung ingin memegang apapun yang dapat mereka gapai dan disini peran orang tua sangat dibutuhkan yakni memisahkan benda yang boleh dan tidak untuk dipegang bayi mengingat bayi sering memasukkan benda yang mereka pegang ke mulut mereka

Tips
  • Adanya ikatan batin antara orang tua terutama dengan bayi sangatlah bagus yang mana hal tersebut sebetulnya telah muncul sejak bayi ada di dalam kandungan. Saat bayi berusia 2 bulan, bayi hanya makan dari air susu ibu mereka dan kerena itulah bayi merasakan apa yang dirasakan ibu, meski ibu mereka tidak mengungkapkannya dalam bentuk kata – kata. Ikatan batin antara ibu dan bayi dapat terjadi sewaktu ibu memandang sang bayi dan tiba – tiba sang bayi membalas dengan senyuman atau sebaliknya
  • Karena pentingnya pengaruh dari orang tua pada perkembangan bayi 2 bulan, rangsangan positif dari orang tua sangatlah diperlukan untuk membentuk pribadi yang baik dari si bayi tersebut dan rangsangan itupun dapat diekspresikan dalam bentuk gerakan yang dilaksanakan dengan penuh cinta didalamnya seperti belaian, kecupan, dan lain sebagainya.
Pengawasan orang tua sangatlah dituntut dan ketika bayi bersikap atau menunjukkan gejala yang aneh, para orang tua perlu waspada siapa tahu anak mereka menderita penyakit seprti autis ataupun hyperactivity

Tidak ada komentar:

Posting Komentar