Selasa, 31 Juli 2012

KETUPAT LEBARAN

ANEKA TIPS MEMBUAT & MEMASAK KETUPAT LEBARAN


TIPS PERTAMA


1.Cangkang Ketupat. Pilih daun kelapa yang berwarna kuning muda kehijauan atau yang tampak segar agar ketupat lebih bersih dan putih.
2. Gurih & Kenyal. Tambahkan sedikit air kapur sirih pada beras yang sudah dicuci sebelum dimasukkan ke dalam kulit ketupat. Air kapur sirih juga bisa membuat ketupat lebih awet atau tak cepat basi. Agar rasanya lebih gurih, bisa tambahkan sedikit garam pada beras.
3. Air Rebusan. Bila air rebusan ketupat mulai berkurang, tambahkan air panas. Tujuannya agar ketupat tetap bersih dan tidak terkesan kotor.
4. Tak Basi. Bila berlebih, masukkan sisa ketupat ke dalam lemari es agar tak cepat basi. Saat akan dihidangkan lagi, keluarkan dan biarkan beberapa lama sampai dinginnya berkurang. Lalu, rebus di dalam air mendidih sekitar 30 menit dan tiriskan. Rasanya, tentu saja masih tetap kenyal dan legit. Selamat mencoba!




TIPS KEDUA

  1. Pilih beras dengan mutu baik, kemudian cuci hingga benar-benar bersih. Rendam beras   selama 3 jam dengan air bersih. Angkat, tiriskan, campur sedikit dengan kapur sirih. Jika beras yang dicuci kurang bersih, ketupat akan mudah berbau dan tidak tahan lama.
    2. Pilih pembungkus ketupat dengan anyamannya teratur dan rapat agar isi ketupat padat dan tampak putih bersih. ada baiknya jika cangkang ketupat di cek ulang.
    3. Isi ketupat dua pertiga dari pembungkusnya dengan menggunakan sendok kecil, agar dapat diperkirakan.
    4. Sewaktu direbus ketupat harus terendam dalam air mendidih. Jika air akan habis, segera tambah dengan air mendidih. Lama memasak ketupat sekitar 4 jam.
    *5.Setelah matang, angkat. Simpan ketupat sambil diangin-anginkan dengan cara digantungkan.
 TIPS KETIGA

Sebenarnya memasak ketupat gampang banget,di sini saya akan memberikan cara-cara dan tips ketupat yang anda masak menjadi nikmat dan legit.cara memasak ketupat tidak jauh beda dengan memasak Lontong yang berisi Beras,dan saya rasa perbedaan-nya cuma kulit pembungkusnya saja.kalau lontong di bungkus memakai daun pisang sedangkan ketupat dengan janur kelapa.

CARA MEMASAK KETUPAT
Rendamkan dulu beras yang akan di gunakan membuat ketupat selama -+ 3 jam dan hasil tirisan-nya di campur sedikit kapur sirih
Dalam mengisi beras kedalam wadah ketupat jangan sampai penuh cukup 2/3 saja 
Didih kan dahulu air buat merebus ketupat
Selama merebus,ketupat harus terendam penuh selama 4-5 jam
setelah matang ketupat harus di gantung sampai kering.
Dalam menyajikan ketupat tentunya akan tersa nikmat bila ada pendampingnya seperti opor ayam, daging rendang,teri pedas,gulai kambing,sambel goreng ati dan menu-menu khas laennya..karena memang ketupat dapat menjadi pengganti nasi.

Tips membuat ketupat agar Renyah dan tidak cepet basi 
Wadah/cangkang ketupat- pilihlah janur yang berwarna kuning muda kehijauhan atau yang masih segar supaya ketupat lebih berssih dan putih
Air rebusan-dalam merebus ketupat air nya jangan sampai berkurang supaya ketupat terlihat bersih 
Kenyal dan Gurih-agar terasa kenyal dan gurih tambahkan sedikit air kapur sirih ke dalam beras yang telah di cuci sebelum mmemasukkan ke dalam wadah/ketupat.sebenarnya air kapur dapat membuat ketupat tidak cepat basi dan biar tambah gurih bisa anda tambahkan garam secukupnya

Agar tidak cepat basi-bila masih ada sisa ketupat yang gak habis,maka bisa anda masukkan ke dalam kulkas biar gak cepet basi,jika mau menyajikannya anda angin-angin dahulu sampai dinginnya hilang terus di rebus kembali selama 30 menit lalu tiriskan.tentu rasa nya masih tetep kenyal dan legit.
 selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar